Minggu, 6 Juni 2021

VISI ANAK KEPADA ORANGTUANYA

 

 RHEMA HARI INI

Amsal 23:25 – Biarlah ayahmu dan ibumu bersukacita, biarlah beria-ria dia yang melahirkan engkau.

 

Reni ingat betul bagaimana bersemangatnya ayah dan ibu Reni menceritakan masa kecilnya. Bagaimana Reni saat masih dalam kandungan ibunya, saat ia bayi, dan masa-masa kecilnya. Reni pun membayangkan perjuangan ayah ibunya ketika mereka harus mengatur waktu antara pekerjaan dan mendidik, serta membesarkannya. Ia juga membayangkan bagaimana perjuangan orangtuanya mencarikan biaya untuk bisa menyekolahkannya hingga tamat perguruan tinggi.

Ketika Reni mendengarkan bagaimana perjuangan ayah dan ibunya ketika mengorbankan segala sesuatu untuk dirinya, ia pun bertekad akan menjadi anak yang baik bagi mereka. Ia ingin bisa membalas kebaikan dan jerih payah mereka membesarkan dirinya. Meskipun Reni belum bisa memberikan materi yang banyak, tetapi ia berusaha ada untuk orangtuanya. Sejak sekolah hingga bekerja, ia pun selalu berusaha melakukan yang terbaik, karena ia ingin membuat orangtuanya bangga. Reni ingin orangtuanya selalu bisa bersukacita dan berbahagia melalui hidupnya. Ia bertekad untuk menjadi anak yang berbakti dan selalu menyenangkan orangtuanya.

Banyak anak yang saat ini terlalu sibuk dengan pekerjaan, kesenangan, dan teman-teman mereka. Tidak sedikit pula yang lupa ada orangtua yang selalu menanti kehadiran dan cerita mereka. Jikalau saat ini Tuhan masih memberikan orangtua yang lengkap pada kita, jangan sia-siakan itu karena tidak semua masih memilikinya. Pergunakanlah waktu-waktu yang ada untuk selalu ada bagi orangtua kita dan buatlah mereka tersenyum bangga karena kita. Sebagai anak, hiduplah seturut dengan firman Tuhan dengan memiliki visi membuat orangtua kita bersukacita dan berbahagia melalui hidup kita. Jangan membuat mereka susah dan bersedih, tetapi buatlah mereka selalu senang dan tertawa. Saat kita bisa membuat orangtua kita berbahagia dan bersukacita, maka berkat Bapa yang luar biasa akan Tuhan curahkan dalam hidup kita. Oleh karena itu, jadilah anak yang membawa sukacita bagi keluarga kita, anak yang hidup dalam kebenaran, hidup dengan bijak, hidup mau dididik dan diajar, menghormati, dan mau dekat dengan keluarga. Jadilah anak Tuhan yang juga dekat dengan Bapa Sorgawi kita.  (LEW)

RENUNGAN

MILIKI VISI untuk membuat orangtua BERSUKACITA dan BERBAHAGIA melalui hidup kita.

 

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda memiliki visi untuk membuat orangtua Anda bersukacita dan berbahagia melalui hidup Anda? Jika sudah atau belum, mengapa?
  2. Apa saja yang menyebabkan Anda belum bisa membuat orangtua Anda bersukacita dan berbahagia?
  3. Bagaimana Anda mengetahui bahwa orangtua Anda bersukacita dan berbahagia dengan hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami mau memiliki visi untuk selalu membuat orangtua kami berbahagia dan bersukacita. Selama waktu masih Engkau berikan, kami mau berusaha memberikan yang terbaik untuk mereka lewat hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 18-19       2 Timotius 3