Rabu, 21 Juli 2021

STRATEGI UNTUK TIDAK JATUH KE DALAM PENCOBAAN

RHEMA HARI INI

Matius 26:41Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.

 

Raja Salomo pernah ada di masa ia sangat berjaya. Dengan hikmat yang Tuhan anugerahkan kepadanya, ia bisa mendapatkan kekayaan yang tidak terbilang banyaknya. Ia menata kerajaannya dengan begitu rupa, sampai-sampai ratu Syeba pun datang untuk menyaksikan sendiri bagaimana hikmat Salomo berhasil membangun sebuah kerajaan yang begitu luar biasa. Sayangnya, meskipun ia penuh dengan hikmat Allah, ia tidak menyadari bahwa iblis terus mengintai hendak menjatuhkannya. Secara perlahan tetapi pasti, Salomo mulai dijauhkan dari Tuhan. Iblis memakai istri-istri dan gundik-gundiknya untuk menyeret Salomo pada penyembahan dewa-dewa mereka. Salomo akhirnya menjauh daripada Tuhan dan murka Tuhan bangkit sehingga Tuhan mengoyakkan kerajaannya (1 Raj. 11:11).

Elia pun sama. Ia pernah mengalami serangan balik setelah kemenangannya melawan nabi-nabi baal dan berdoa sampai hujan turun. Ia pikir peperangan sudah berakhir. Namun ternyata iblis terus mencari segala cara untuk melenyapkan Elia. Iblis memakai Izebel, istri Ahab, untuk memburu Elia. Saat itu, Elia mengijinkan ketakutan dan keputusasaan menguasai hatinya, sehingga hampir saja ia terjatuh. Namun puji nama Tuhan, Elia mampu bangkit kembali menghancurkan segala tipu daya iblis dan berjalan maju kembali untuk sesuatu yang lebih besar lagi.

Ya, meski Tuhan sudah membawa kita pada suatu kemenangan, jangan pernah lupakan bahwa kita memiliki musuh yang tidak terlihat oleh mata jasmani tetapi terus-menerus berusaha melakukan serangan balik dan menyeret kita pada kehancuran. Karena itu, jangan lengah dan terus sadari keberadaannya. Perkuat roh kita dan bangun hubungan kita dengan Tuhan semakin kuat lagi. Dengan berdoa, roh kita semakin diperkuat dan kita bisa melawan godaan dari lawan kita. Percayalah, jika kita mampu mengalahkan tipu dayanya, maka kemenangan yang jauh lebih besar akan menjadi milik kita dan nama Tuhan pasti semakin dipermuliakan melalui hidup kita. Haleluya!

RENUNGAN

Dengan BERDOA, kita TIDAK AKAN JATUH dalam PENCOBAAN. 

APLIKASI

  1. Menurut Anda, sejauh manakah hari-hari ini iblis mencoba menjatuhkan Anda?
  2. Celah apakah yang mungkin bisa dipakai iblis untuk menjauhkan Anda dari Tuhan?
  3. Bagaimana cara Anda untuk memperkuat diri terhadap tipu muslihat iblis dalam hidup Anda? Tuliskan komitmen Anda!

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau selalu memimpin kami ke dalam jalan kemenangan-Mu. Namun demikian, ampuni kami apabila kami sering tidak menyadari serangan-serangan balik yang dilancarkan iblis kepada kami. Bantulah kami, agar kami tidak terlena dalam kemenangan-kemenangan kami dan terjatuh. Biarlah kami boleh semakin kuat dalam-Mu dan terus maju bersama-Mu sehingga hidup kami terus membawa kemuliaan bagi-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Hosea 12-14  Wahyu 4