Jumat, 30 Juli 2021

PERTOLONGAN AJAIB BAGI ORANG YANG TEKUN MENCARI TUHAN

RHEMA HARI INI

Amsal 28:5Orang yang jahat tidak mengerti keadilan, tetapi orang yang mencari TUHAN mengerti segala sesuatu

 

Daniel merupakan tokoh Alkitab yang hidupnya benar-benar mencari Tuhan. Sewaktu di istana Babel, ia menolak menyentuh anggur dan makanan istana yang sudah dipersembahkan kepada dewa Babel. Ia memilih makan sayur dan air putih untuk menjaga kekudusannya. Meski demikian, ia justru terlihat lebih sehat (Dan. 1:1-21). Lalu di bawah kekuasaan Raja Darius yang mewajibkan semua orang hanya menyembahnya atau akan dihukum mati, Daniel tetap memilih taat dan mencari Allah Israel. Ia tetap berlutut, berdoa, dan memuji Allah tiga kali sehari! Akibatnya, Daniel dilempar ke gua singa, tetapi Allah kembali melakukan perkara AJAIB. Tuhan mengatupkan mulut singa-singa buas itu dan ia tetap hidup (Dan. 6:1-29).

Hal yang sama juga berlaku dalam hidup kita. Jika kita ingin mendapatkan PERTOLONGAN AJAIB dari Tuhan, maka kita pun harus tekun mencari-Nya dalam doa, pujian, dan penyembahan setiap hari. Namun dalam kenyataanya, banyak anak Tuhan yang masih enggan atau malas-malasan mencari Tuhan, tetapi berharap Tuhan melakukan perkara ajaib dalam hidupnya. Akibatnya, saat ditimpa masalah, banyak yang kecewa dan stres karena tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Ayat rhema hari ini pun menekankan bahwa Allah akan memberi petunjuk dan pertolongan jika kita tekun mencari-Nya. Oleh karena itu, apa pun kondisi kita saat ini, terutama di saat krisis seperti ini, tetaplah tekun mencari Tuhan. Milikilah gaya hidup mencari Tuhan seperti yang Daniel lakukan. Kembangkan kebiasaan berlutut, berdoa, dan memuji Tuhan setiap hari. Ketika kita mencari Tuhan di masa krisis yang penuh goncangan seperti saat ini, Tuhan akan memberi kita hikmat dan petunjuk bagaimana kita harus bertindak. Sehingga kita bisa tetap tenang karena kita pasti tahu apa yang harus kita lakukan. Ya, apabila kita berbicara hati ke hati, intim dengan Tuhan, maka berkat yang tak terputus dalam segala aspek hidup kita akan dicurahkan-Nya atas kita, sehingga kita selalu menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

RENUNGAN

Untuk bisa MENERIMA PERTOLONGAN yang ajaib dari TUHAN, kita harus membangun gaya hidup yang MENCARI TUHAN.

APLIKASI

  1. Apakah Anda sudah tekun mencari Tuhan setiap hari? Mengapa demikian?
  2. Mengapa Anda perlu tetap tekun mencari Tuhan walau dalam tekanan masalah?
  3. Apa komitmen yang akan Anda ambil dalam tindakan nyata untuk selalu hidup mencari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, kami bersyukur bahwa Engkau selalu setia menyertai kami sepanjang hari. Ampuni kami, ya Tuhan, jika kami sering kali lalai dan malas mencari Engkau. Ampuni kami yang lebih suka mencari hal-hal duniawi. Tuhan, kuatkan kami untuk terus tekun mencariMu sehingga kami layak mendapakan pertolongan ajaib dariMu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mikha6-7    Wahyu 13