Rabu, 23 Juni 2021

MENYINGKIRKAN SEMAK BELUKAR DALAM HIDUP KITA

 

RHEMA HARI INI

Yeremia 4:14Bersihkanlah hatimu dari kejahatan, hai Yerusalem, supaya engkau diselamatkan! Berapa lama lagi tinggal di dalam hatimu rancangan-rancangan kedurjanaanmu?

The Malcolm Baldrige National Quality Award adalah penghargaan tertinggi yang bisa diraih oleh perusahaan di Amerika. Untuk memenangkan penghargaan tersebut, sebuah perusahaan harus menghasilkan produk dengan kualitas terbaik di negeri itu. Pada tahun 1988, enam puluh enam perusahaan besar bersaing untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Pemenangnya adalah Motorola. Motorola sendiri mulai mengejar penghargaan tersebut sejak tahun 1981. Mereka mengirimkan tim khusus ke organisasi terkemuka di dunia untuk belajar meningkatkan performa perusahaan dan kualitas produk mereka.

Salah satu langkah yang harus mereka lakukan adalah dengan mengurangi jumlah barang cacat dalam produksi mereka. Para pekerja diberi tanggung jawab untuk mengidentifikasi kesalahan dan diberi imbalan khusus. Teknik ini pun membuahkan hasil. Perusahaan tersebut berhasil menyederhanakan bagian-bagian ponsel dari 1.378 komponen menjadi 523 saja. Pada akhirnya, Motorola mampu memproduksi ponsel yang 99,9997% bebas cacat, dengan biaya yang lebih hemat sebesar 250 juta dolar, termasuk pendapatan yang meningkat 23% dan kenaikan laba 44%.

Sama halnya dengan perusahaan Motorola, Tuhan pun sudah merancang kita dengan potensi yang luar biasa, yaitu untuk bertumbuh dan berbuah lebat. Namun bersamaan dengan pertumbuhan kita, dunia juga menumbuhkan tanaman liar yang sesungguhnya tidak kita harapkan. Semak belukar itu tumbuh, berkompetisi, dan bersaing dengan tanaman baik yang dirancang Tuhan dalam hidup kita. Dengan kata lain, semak duri itu adalah sesuatu yang membuat kita tidak bisa bertumbuh dan berbuah lebat. Bermalas-malasan, menghabiskan waktu untuk bermain gadget, pergaulan buruk, hobi yang berlebihan, pola makan yang tidak sehat, dan masih banyak lagi. Ambillah komitmen untuk mengurangi dan membersihkan diri dari semak belukar dalam hidup kita. Karena dengan keadaan yang bersih dari semak belukar, kita akan dapat bertumbuh dengan sehat dan berbuah lebat bagi kemuliaan nama Tuhan.

 

RENUNGAN

Ambillah KOMITMEN MEMBERSIHKAN DIRI dan MENGIDENTIFIKASI semak belukar dalam hidup kita.

 

APLIKASI

  1. Adakah semak belukar yang masih bertumbuh dalam hidup Anda? Apa dampak dari semak belukar tersebut dalam hidup Anda?
  2. Menurut Anda, mengapa penting bagi kita untuk membersihkan dan mengidentifikasi semak belukar dalam hidup kita?
  3. Komitmen apa yang akan Anda ambil agar semak belukar tidak lagi bertumbuh dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur untuk segala potensi dan kemuliaan yang Kau berikan dalam hidup kami. Kami rindu hidup kami senantiasa berkenan bagi-Mu. Ajar kami untuk dapat membersihkan semak belukar dalam diri kami, agar hidup kami senantiasa sesuai kehendak-Mu.

Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yehezkiel 1-2      Ibrani 11:1-19