Kamis, 24 Juni 2021

MEMPERSIAPKAN DIRI MENGHADAPI PEMBERSIHAN HIDUP

 

RHEMA HARI INI

Yesaya 18:5 – Sebab sebelum musim buah, apabila waktu berbunga sudah berakhir, dan gugusan putik menjadi buah anggur yang hendak masak, maka Tuhan akan mengerat ranting-rantingnya dengan pisau pemangkas, dan menyisihkan carang-carangnya dengan memancungnya.

 

Setiap orang pasti akan mengalami bagian kehidupan yang bernama proses. Dewi juga berulang kali mengalami proses kehidupan. Dewi yang berasal dari keluarga sederhana diizinkan Tuhan mengalami kesuksesan, memiliki rumah bagus, mobil bagus, suami dengan penghasilan yang cukup besar, tabungan, dan juga aset lainnya. Dewi tidak pernah membayangkan akan berada pada posisi itu. Namun, setahun belakang ini Dewi mengalami goncangan ekonomi karena beberapa proyek suaminya mengalami kerugian. Sedangkan beban keuangan terus berjalan, mereka harus membayar karyawan, berbagai cicilan, biaya sekolah anak, dan kebutuhan sehari-hari.

Karena pemasukan berkurang, Dewi dan suaminya terpaksa menjual mobil, tanah yang dimiliki, dan aset-aset perusahaan. Suami Dewi sedikit tertekan dengan keadaan yang dialaminya. Namun, di tengah keterpurukannya, Dewi menguatkan diri dan suaminya dengan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan. Mereka rutin mengikuti ibadah-ibadah online, saat teduh bersama keluarga, komsel, dan banyak berdoa mencari kehendak Tuhan. Dewi merasa keadaan yang dialaminya adalah bagian proses untuk memurnikan keluarga mereka. Saat keadaan tidak baik diizinkan terjadi, Dewi sudah bisa mempercayai Tuhan sepenuhnya yang akan membantu mereka melewati semuanya.

Ya, banyak orang yang tidak siap menghadapi keadaan yang buruk dalam hidup mereka. Keinginan selalu berada di zona nyaman membuat kita terkadang tidak siap saat Tuhan izinkan sesuatu yang buruk menimpa kita. Padahal di balik semua itu, Tuhan sedang membersihkan hidup kita. Ketika hal itu terjadi, ikuti saja setiap prosesnya dengan semakin mendekat kepada Tuhan. Tuhan pasti punya maksud akan apa yang diizinkan-Nya terjadi dalam hidup kita. Meskipun sakit, sedih, dan seolah tak ada harapan, nikmatilah pembersihan yang Tuhan kerjakan. Oleh karena itu, persiapkan diri kita dari sekarang karena Tuhan bisa membersihkan hidup kita kapan pun. Saat kita siap dan berhasil melewati masa pembersihan, berkat dan anugerah yang lebih besar Tuhan siapkan bagi kita. (LEW)

 

RENUNGAN

Tuhan bisa MEMBERSIHKAN HIDUP kita kapan pun, karena itu PERSIAPKAN DIRI kita sekarang juga.

 

APLIKASI

  1. Hal-hal apa yang menghalangi Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi pembersihan dari Tuhan?
  2. Mengapa Anda harus mempersiapkan diri dari sekarang?
  3. Bagaimana respons Anda menghadapi masa pembersihan diri oleh Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami mau mempersiapkan diri menghadapi pembersihan hidup dari-Mu. Kapan pun Kau melakukannya, kami sudah siap. Kami percaya kekuatan, sukacita, dan damai sejahtera tetap Kau berikan bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yehezkiel 3-4    Ibrani 11:20-40