Selasa, 15 Juni 2021

KOMITMEN DAN DEDIKASI YANG KUAT

 

RHEMA HARI INI

Kolose 3:23Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

 

Melina dan sahabatnya, Renia, sama-sama melayani Tuhan di suatu gereja. Pada awalnya mereka sangat berapi-api dalam pelayanannya. Namun, setelah sekian lama mereka melayani Tuhan, semangat Melina mulai meredup, dan ia menjalankan pelayanan hanya karena rutinitas saja. Terlebih lagi ditambah dengan kondisi pandemi saat ini, yang mana semua kegiatan di gereja lebih banyak dilakukan secara online, sehingga membuatnya semakin kehilangan kasih mula-mulanya. Berbeda dengan Renia, yang sekalipun pernah beberapa kali mengalami stagnasi, tetapi selalu berjuang untuk kembali bangkit. Renia memiliki suatu akar rohani yang kuat yaitu komitmen dan dedikasinya untuk melakukan pelayanannya hanya bagi Tuhan, dan bukan semata-mata karena situasi atau kondisi yang mendukung.

Ya, kehidupan yang kita jalani seringkali digambarkan seperti kehidupan sebuah tanaman, salah satunya adalah sama-sama harus memiliki akar yang kuat. Saat sebuah tanaman memiliki akar yang kuat, maka tidak peduli seberapa banyak ia berbuah, tidak peduli seberapa besar dan tinggi ia bertumbuh, pohon itu akan tetap kokoh berdiri. Bahkan, ada beberapa pohon yang dapat berusia ribuan tahun, karena akarnya begitu kuat dan dalam. Berbanding terbalik dengan ilalang, yang hanya memiliki akar yang pendek, sehingga tanaman ini akan lebih mudah tercabut dan pada akhirnya mati karena akarnya tidak kuat.

Kehidupan kita harus memiliki akar yang kuat dalam Tuhan. Memiliki akar berarti memiliki komitmen dan dedikasi yang kuat. Tidak secara kebetulan kita ditempatkan di gereja yang memiliki misi yang begitu luar biasa, yaitu menyelamatkan, menggabungkan, memuridkan, dan mengutus. Ibarat tanaman yang harus dirawat dan dipelihara, demikian pula kehidupan rohani kita juga perlu dirawat dan dipelihara dengan mengikuti langkah demi langkah yang ada pada misi gereja kita. Dengan tergabung dan dimuridkan, maka kita sedang memupuk komitmen dan dedikasi kita, sehingga kita bisa berakar dan bertumbuh, serta berbuah lebat. Sekalipun kita berada dalam situasi atau kondisi yang kurang baik, kita tidak akan mudah terombang-ambingkan. Bahkan, kita akan semakin menyala-nyala di dalam Tuhan dan bersemangat dalam menyelamatkan jiwa-jiwa bagi Tuhan.

 

RENUNGAN

Memiliki akar berarti MEMILIKI KOMITMEN dan DEDIKASI yang SANGAT KUAT dalam hidup kita.

 

APLIKASI

  1. Bagaimana Anda memandang kehidupan Anda selama ini? Sudahkah Anda berakar dengan kuat di dalam Tuhan?
  2. Menurut Anda, mengapa memiliki akar yang kuat menjadi sebuah hal yang penting?
  3. Komitmen apa yang akan Anda ambil agar hidup Anda semakin berakar dengan kuat dan menghasilkan buah yang lebat? Tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, kami rindu agar hidup kami memiliki akar yang kuat di dalam-Mu. Sehingga kami bisa bertumbuh semakin tinggi dan berbuah lebat bagi kerajaan-Mu. Biarlah Roh Kudus-MU memampukan kami untuk membangun komitmen dan dedikasi kami semakin kuat di dalam Engkau. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 40-42      Ibrani 4