Selasa, 22 Juni 2021

KEKUATIRAN DAPAT MEMBUNUH POTENSI KITA

 

RHEMA HARI INI

Lukas 12:25 – Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta pada jalan hidupnya?

 

Berbicara tentang kekuatiran, kita bisa belajar dari kisah Petrus yang pernah mengalami mujizat berjalan di atas air. Awalnya, Petrus dengan gagah berani melangkah di atas air. Imannya begitu teguh sehingga kuasa Tuhan bekerja secara dahsyat di dalam dirinya. Namun kemudian ia merasakan badai di sekelilingnya dan mulai mengizinkan kekuatiran menguasai hatinya. Kuasa Tuhan pun berhenti bekerja dalam diri Petrus. Ia tidak bisa lagi berjalan di atas air, terjatuh, bahkan kehilangan kemampuan untuk berenang. Ya, Alkitab mencatat Petrus akhirnya tenggelam.

Kita bisa lihat bagaimana kekuatiran sungguh sangat membahayakan potensi yang ada di dalam diri kita. Ada berapa banyak anak Tuhan yang awalnya begitu luar biasa dipakai Tuhan dalam hal melayani Tuhan, ada berapa banyak juga anak Tuhan yang awalnya bisa maksimal dalam pekerjaannya, tetapi situasi dunia saat ini memaksa manusia jasmani kita untuk melihat tagihan demi tagihan yang datang seiring dengan menurunnya pendapatan kita. Atau usia yang semakin bertambah ditambah dengan desakan dari orangtua untuk segera menikah, membuat kita sangat kuatir akan masa depan. Kalau kita menyadarinya, kekuatiran sama sekali tidak mengerjakan kebaikan bagi kita. Bahkan sangat mungkin apa yang dialami oleh Petrus juga kita alami. Kita yang awalnya penuh dengan semangat, tiba-tiba menjadi kehilangan kemampuan dan potensi kita. Kita tidak bisa berpikir jernih dan akibatnya kita kehilangan potensi besar yang seharusnya bertumbuh di dalam diri kita.

Mari saat ini, terimalah rhema firman Tuhan yang mengatakan bahwa inilah musimnya untuk kita berbuah lebat. Jangan izinkan kekuatiran bertumbuh dan membunuh potensi yang ada di dalam hidup kita. Teruslah naik ke loteng atas sampai kita semakin mengalami kepenuhan Roh Kudus. Roh Kuduslah yang akan memampukan kita untuk hidup karena percaya dan bukan karena melihat. Kita dimampukan untuk menyadari bahwa Roh yang ada di dalam kita sesungguhnya jauh lebih besar daripada semua tantangan yang ada di depan kita sehingga kita terus menang menghadapi tantangan dalam hidup kita. Haleluya!

 

RENUNGAN

KEKUATIRAN adalah SEMAK DURI PERTAMA yang membuat seseorang tidak berbuah.

 

APLIKASI

  1. Adakah pergumulan yang hari-hari ini berpotensi menimbulkan kekuatiran dalam hidup Anda? Pergumulan apakah itu?
  2. Bagaimana cara Anda mengatasi kekuatiran tersebut?
  3. Apa yang akan terjadi jika Anda berhasil mengalahkan kekuatiran itu? Tuliskan komitmen Anda untuk menang atas kekuatiran!

DOA UNTUK HARI INI

“Roh Kudus, terima kasih atas semua potensi dan benih ilahi yang sudah Engkau tanamkan dalam hidup kami. Berikan kami kekuatan, ya Tuhan, untuk tidak mengizinkan kekuatiran apa pun menghambat bertumbuhnya benih tersebut. Karena kami rindu untuk bisa berbuah lebat bagi kemuliaan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Ratapan 3-4       Ibrani 10:19-39