Rabu, 7 Juli2021

KEKUATAN TANPA BATAS DATANG DARI TUHAN

RHEMA HARI INI

2 Korintus 4:7Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.

Pada tahun 2016, Eddie Hall berusaha memecahkan rekor angkat beban, dengan mengangkat beban yang beratnya tidak masuk akal. Upayanya itu sekaligus demi meraih gelar pria terkuat sedunia. Ribuan pasang mata tertuju pada Eddie Hall yang begitu berantusias ingin memecahkan rekor sebelumnya, yakni 463 kilogram. Ia menjadi yang paling berani kala itu karena mengangkat beban yang setara dengan lima motor bebek. Tidak disangka, Hall pun berhasil mengangkat beban seberat 500 kilogram. Namun petaka datang setelah itu, ia terjatuh dan pingsan. Pembuluh darahnya pecah hingga keluar darah dari hidung, telinga, dan matanya. Yang lebih menyedihkan, tidak lama berselang, seorang bernama Thor memecahkan rekornya dengan mengangkat beban 501 kilogram.

Kisah Eddie Hall di atas cukup menarik dan memberi kita gambaran akan betapa terbatasnya kekuatan manusia. Seberapa keras perjuangan kita mengusahakan sesuatu dan hanya mengandalkan kekuatan kita sendiri, sering kali itu semua tidak bisa bertahan lama. Sama halnya dengan kisah dalam Alkitab, yaitu kisah Zimri. Zimri adalah panglima perang Israel di Zaman raja Ela. Zimri memberontak, membunuh raja Ela, dan membinasakan seluruh keturunan raja, lalu ia menahbiskan dirinya sebagai raja baru Israel. Namun saat ada panglima lain yang dinobatkan menjadi raja, Zimri langsung ciut nyalinya. Apalagi saat pesaingnya itu semakin kuat dan mulai mengepung kota, Zimri justru membakar istananya dan bunuh diri.

Bagaimana mungkin semua itu terjadi? Ya, pada dasarnya kekuatan dan kekuasaan manusia sangatlah terbatas. Tanpa kekuatan dari Tuhan, seseorang bisa saja melejit naik, tetapi secepat itu juga ia akan jatuh. Namun, hari ini ada kabar baik dari Tuhan bagi kita semua. Tuhan akan memberikan kekuatan yang melimpah pada setiap kita. Kekuatan yang tanpa batas. Sebab Tuhan adalah Allah yang tidak terbatas, kekuatan yang dijanjikan-Nya akan membuat kita benar-benar kuat dan kokoh. Saat kita makin lama makin kuat dalam Tuhan, Dia pun akan menjamin keberhasilan kita dalam keluarga, pekerjaan, keuangan, bahkan pelayanan kita.

RENUNGAN

Manusia memiliki kekuatan, tetapi kekuatan yang dimiliki manusia SANGAT TERBATAS.

APLIKASI

  1. Jika Anda merenungkan perjalanan hidup Anda selama ini, sudahkah Anda mengandalkan kekuatan Tuhan dalam melewati segala proses kehidupan?
  2. Menurut Anda, bagaimana cara agar manusia yang terbatas ini memiliki kekuatan yang tidak terbatas?
  3. Langkah-langkah apa yang akan Anda ambil untuk dapat mengaplikasikan renungan hari ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami menyadari kami tidak bisa apa-apa tanpa diri-Mu. Kami memerlukan-Mu sepanjang hidup kami, sehingga kami mampu melewati segala proses dan tantangan dalam hidup kami. Karena kekuatan yang kami terima dari pada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yehezkiel 35-36   2 Petrus 1