Sabtu, 17 Juli 2021

IMAN YANG MEMBAWA PADA KEMENANGAN ATAS JANJI TUHAN

RHEMA HARI INI

Galatia 5:5 – Sebab oleh Roh, dan karena iman, kita menantikan kebenaran yang kita harapkan.

 

Berbicara tentang iman, kita akan selalu diingatkan kepada satu sosok yang disebut sebagai ‘Bapa Orang Beriman’, yaitu Abraham. Hidupnya sarat dengan perjuangan dalam menantikan janji Tuhan. Tuhan menjanjikan bahwa keturunannya akan seperti pasir di laut dan bintang di langit. Dari situlah perjalanan imannya untuk mendapatkan seorang anak dimulai. Berpuluh-puluh tahun Tuhan menempa dan melatih imannya. Jika Abraham melihat kenyataan dan kondisi fisiknya saat itu, ia memiliki banyak sekali alasan untuk membuang semua janji Tuhan. Namun, mata Abraham tidak tertuju kepada apa yang kelihatan tetapi kepada Pribadi yang menjanjikan hal itu kepadanya, maka ia bisa tetap kuat, bahkan Alkitab mencatat, imannya semakin diperkuat. Ini menunjukkan bagaimana kualitas pengenalannya kepada Tuhan. Ya, Abraham tahu betul kepada siapa imannya ditujukan. Yaitu kepada Allah yang hidup, yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada, yang sanggup bekerja di atas keadaan yang mustahil sekalipun. Itulah yang akhirnya membuat Abraham berkemenangan atas janji Tuhan.

Hal yang sama juga dialami Elia. Apa yang membuat Elia begitu teguh imannya dan sangat percaya bahwa doanya akan sungguh-sungguh mendatangkan hujan? Karena demikianlah yang dijanjikan Tuhan kepada-Nya (1 Raj. 18:1). Hal itu menjadikan iman Elia semakin kokoh dan tidak tergoyahkan sekalipun setelah tujuh kali ia berdoa, hanya tampak awan setelapak tangan. Namun baginya, itu sudah cukup membuktikan bahwa Tuhan akan segera memenuhi janji-Nya. Hujan  lebat pun turun tidak lama setelah itu.

Jika saat ini ada janji Tuhan dalam hidup kita yang belum juga tergenapi, jangan menyerah. Kita hanya butuh mengarahkan iman dan pandangan kita kepada Tuhan. Bangun roh kita dan renungkan firman-Nya semakin dalam, maka kita akan memperoleh stamina yang tidak biasa dalam menantikan janji Tuhan, sehingga dalam segala hal kita menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

RENUNGAN

IMAN adalah hal yang sangat penting dalam menantikan janji Tuhan.

APLIKASI

  1. Adakah janji Tuhan yang sampai sekarang masih Anda perjuangkan?
  2. Hal apakah yang sering kali membuat Anda lemah dan bagaimana cara Anda mengatasinya selama ini?
  3. Menurut Anda, sejauh mana iman Anda menentukan kekuatan Anda dalam menantikan janji Tuhan itu? Tuliskan komitmen Anda dalam hal ini!

DOA UNTUK HARI INI

“Roh Kudus, terima kasih karena Engkau adalah Pribadi yang setia. Kami percaya bahwa tidak akan ada satu pun janji-Mu yang akan gagal dalam hidup kami. Mampukan kami melakukan bagian kami dan tetap memegang janji-Mu dengan iman kami, supaya kami tidak menyerah sampai saatnya penggenapan janji-Mu dinyatakan dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Daniel 11-12  Yudas