Senin, 21 Juni 2021

CARA UNTUK MEMILIKI HIDUP BERBUAH LEBAT

 

RHEMA HARI INI

Yakobus 1:21 – Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.

Jika kita perhatikan, kita cukup sering melihat tanaman-tanaman liar tumbuh di mana saja. Seperti di halaman, dalam pot bunga, di pinggir parit, bahkan di tembok luar rumah kita. Tanaman-tanaman itu tumbuh begitu saja, tanpa kita pernah tahu tanaman apa yang akan muncul dan kapan benih itu jatuh di sana. Setelah tanaman itu tumbuh besar, barulah kita bisa mengidentifikasi jenis tanaman tersebut. Rosa pun awalnya tidak menyadari adanya serumpun kecil tanaman yang tumbuh tepat di samping pagar rumahnya. Saat melihat dan hendak mencabutnya, Rosa tertarik dengan bentuk daunnya yang unik. Lalu ia memutuskan untuk membiarkannya terlebih dahulu.

Hanya kurang dari seminggu, tanaman itu membesar dengan cepat. Rosa menyangka itu sejenis sawi, tetapi tetangganya berkata bukan. Karena merasa penasaran, Rosa pun membiarkan tanaman itu tumbuh dengan sendirinya. Bunga kuning dengan sulur-sulur panjang bermunculan seiring tanaman itu bertambah besar dan tinggi. Ketika Rosa merasa sudah terlalu rimbun dan hendak mencabutnya, ternyata akarnya sudah menjebol tepi pagar dan membuat temboknya retak. Diperlukan usaha dan tenaga yang tidak sedikit sampai tanaman itu berhasil dicabut dan dibersihkan.

Seperti tanaman pengganggu dan semak belukar yang tumbuh tanpa diundang, begitu pula dengan godaan dari si iblis yang senantiasa ada di sekitar kita. Baik itu melalui uang, jabatan, kenyamanan, kenikmatan duniawi, dan masih banyak lagi. Situasi ini terkadang membuat kita menjadi tidak fokus pada tujuan, tidak produktif, bahkan lama-lama bisa merusak hidup kita. Padahal seperti semak duri yang berkompetisi, bersaing dan merebut nutrisi tanaman yang sengaja ditanam supaya berbuah, bermacam godaan ini pun membuat hidup kita tidak bisa berbuah lebat. Karena itulah, jangan ragu ataupun menunda jika melihat tanda-tanda penghambat pertumbuhan rohani kita mulai muncul. Segera cabut dan singkirkan.  Dengan mengurangi hal-hal yang tidak perlu dan tidak berguna, maka hidup kita akan berbuah lebih lebat bagi Kerajaan Sorga. (PF)

 

RENUNGAN

Supaya BERBUAH LEBAT, semua TANAMAN PENGGANGGU dan SEMAK BELUKAR HARUS DISINGKIRKAN.

 

APLIKASI

  1. Apakah yang merupakan tanaman pengganggu dan semak belukar dalam hidup Anda?
  2. Bagaimana hal-hal yang Anda sebut di atas, menghalangi hidup Anda untuk berbuah lebat?
  3. Apa komitmen yang Anda buat untuk menyingkirkan tanaman pengganggu dan semak belukar tersebut?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, ampuni kami jika kami masih saja membiarkan hal-hal yang membuat hidup kami menjadi tidak produktif. Tolong kami Tuhan untuk menyingkirkan semua yang mengganggu dan menghalangi pertumbuhan kami. Sehingga hidup kami memberikan buah yang lebat untuk Kerajaan-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Ratapan 1-2       Ibrani 10:1-18