Sabtu, 5 Juni 2021

CARA SEDERHANA UNTUK MEMBAHAGIAKAN ORANGTUA

 

 RHEMA HARI INI

Matius 19:14 – Tetapi Yesus berkata: “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.”

 

Gambaran jelas tentang hati orangtua kepada anak-anaknya dapat kita lihat dari perumpaan anak hilang yang diceritakan Tuhan Yesus dalam kitab Lukas. Dikisahkan si bungsu memilih untuk meninggalkan ayahnya, sekedar untuk hidup bebas dan foya-foya. Namun, dalam Lukas 15:20b dikatakan, “Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.” Tidak secara kebetulan sang ayah melihat anaknya datang dari jauh. Besar kemungkinan sang ayah senantiasa berjaga-jaga dan selalu menantikan kepulangan anaknya. Tidak peduli seberapa besar kesalahan anaknya, ia tetap mengasihi anaknya dan sangat rindu agar anak-anaknya selalu dekat dengannya.

Sebagian besar orangtua memiliki hati yang sama seperti dalam kisah di atas. Mereka begitu rindu bisa selalu berada dekat dengan anak-anaknya. Sekalipun terkadang ada beberapan anak yang sudah mengecewakan hati mereka, bahkan memilih untuk meninggalkan orangtuanya. Namun, hati setiap orangtua pasti akan tetap mengasihi dan merindukan kedekatan dengan anak-anaknya. Harta dan barang-barang mewah tidak membuat mereka merasakan kebahagiaan yang seutuhnya, tetapi waktu kitalah yang membuat mereka merasakan bahagia yang sesungguhnya.

Oleh karena itu, jika kita rindu untuk membahagiakan orangtua kita, maka ambil komitmen untuk mau dan suka mendekat pada orangtua kita. Dengan hal sederhana inilah, hati mereka akan disenangkan. Ambil langkah untuk mulai mengatur prioritas waktu kita, dan memilih untuk mengalihkan kesenangan pribadi kita menjadi keinginan untuk menyenangkan orangtua. Pilihlah kegiatan yang dapat kita lakukan bersama mereka. Bangun kedekatan dan ciptakan waktu kebersamaan yang indah dengan orangtua. Sehingga kita akan melihat bagaimana orangtua kita bersukacita dan berbahagia melalui hidup kita. Jangan buat mereka susah, buat mereka senang! Jangan buat mereka menangis, buatlah mereka tertawa! Maka lihatlah berkat Bapa yang luar biasa itu akan Tuhan curahkan dalam hidup kita.

RENUNGAN

Hal sederhana tetapi SANGAT MEMBAHAGIAKAN hati orangtua adalah ketika anak MAU dan SUKA DEKAT dengan ORANGTUANYA.

 

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda membangun kedekatan dengan orangtua Anda? Kegiatan apa saja yang sudah Anda lakukan untuk membangun kedekatan Anda dengan orangtua?
  2. Menurut Anda, mengapa berada dekat dengan orangtua menjadi kunci turunnya berkat Tuhan atas kita?
  3. Langkah apa saja yang harus kita ambil agar dapat membahagiakan orangtua kita? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI

“Terima kasih Bapa atas setiap orangtua kami, baik orangtua jasmani maupun rohani. Kami percaya Engkau tidak asal-asalan menaruh mereka dalam hidup kami. Urapi kami agar dapat menjadi anak yang mempunyai buah-buah Roh Kudus sehingga kami boleh menjadi berkat bagi mereka. Biar melalui hidup kami, mereka merasakan kebahagiaan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 15-17       2 Timotius 2