Selasa, 8 Juni 2021

CARA HIDUP YANG MENYENANGKAN HATI TUHAN

 

RHEMA HARI INI

Yohanes 15:8Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.”

 

Saat Morin masih remaja, ia pernah merenungkan apa arti kehidupan. Morin tak ingin hidupnya hanya sekedar lahir, tumbuh besar, menikah, berkeluarga, menjadi tua, lalu mati. Setelah beberapa waktu, orang-orang yang mengenalnya, bahkan keluarganya akan melupakannya. Bagi Morin, hidup yang seperti itu seperti tidak ada kesan dan tidak meninggalkan sesuatu yang berarti. Tak ada hal yang berguna, bermanfaat, atau akan selalu diingat lama setelah ia tidak ada lagi di dunia ini. Morin pun memutuskan bahwa hidupnya tak akan menjadi biasa-biasa saja. Ia memang belum menemukan caranya ketika ia memikirkan hal itu. Barulah setelah lahir baru, Morin mengerti bahwa hidup yang berbuah lebat adalah tujuan dan visi yang diinginkannya.

 

Sebagai orang Kristen, kita sering disebut sebagai murid-murid Tuhan Yesus. Namun yang sering dilupakan adalah, ada kriteria tertentu untuk kita pantas disebut sebagai murid. Salah satunya adalah berbuah banyak atau berbuah lebat. Bapak gembala kita Ps. Obaja Tanto Setiawan pernah mengajarkan, bahwa buah adalah sesuatu yang dinikmati oleh orang lain dan pohon memang tidak bisa menikmati buahnya sendiri. Demikianlah kesuksesan hidup kita bukan dinilai dari seberapa banyak harta, setinggi apa jabatan, atau sepopuler apa diri kita, tetapi dari seberapa banyak orang yang diberkati melalui kehidupan kita.

Seperti seorang tukang kebun yang sangat bahagia melihat pohon yang ditanamnya berbuah lebat, Tuhan pun sangat senang hati-Nya ketika melihat hidup anak-anakNya berbuah lebat. Kita perlu untuk selalu ingat bahwa Tuhan memberi kita hidup bukanlah tanpa tujuan. Ada rencana Tuhan bagi setiap kita bahkan sejak kita masih bakal anak (Mzm. 139:16). Jika kita mengerti, menerima, dan mengerjakan dengan sungguh-sungguh, serta penuh tanggung jawab rencana yang telah Tuhan percayakan kepada kita, maka hidup kita pasti akan berbuah. Bukan sekedar buah biasa tetapi buah-buah yang baik, manis, dan sangat berlimpah, sehingga hati Tuhan bahagia karenanya.  (PF)

RENUNGAN

BERBUAH LEBAT itu adalah hal yang MENYENANGKAN HATI Tuhan.

 

APLIKASI

  1. Apa arti hidup yang berbuah lebat bagi Anda?
  2. Seberapa besar keinginan hati Anda untuk membuat Tuhan senang, bahkan bahagia melihat hidup Anda?
  3. Bagaimana Anda akan membuat hidup Anda berbuah lebat mulai dari saat ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur atas kehidupan yang Kau anugerahkan pada kami saat ini. Kami rindu hidup kami menghasilkan buah yang lebat dan menyukakan hati-Mu. Ajar kami Tuhan, agar hidup kami ini sungguh-sungguh produktif dan membuat nama-Mu semakin dipermuliakan. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 22-23       Titus 1