Rabu, 14 Juli 2021

CARA EFEKTIF UNTUK MENGALAMI UNUSUAL STAMINA

RHEMA HARI INI

Ratapan 3:26 – Adalah baik menanti dengan diam pertolongan TUHAN.

 

Setiap orang pernah mengalami ketika dua masalah datang dalam waktu bersamaan. Hal itu kerap membuat kita bingung dan kehilangan kesabaran dalam mengambil pilihan yang tepat. Lalu kita dicekam rasa panik. Meski sudah berdoa meminta pertolongan dari Tuhan, tetap saja merasa seolah Tuhan terlalu sibuk untuk mengurus masalah tersebut. Saat kepanikan ini melanda, tak jarang ada banyak jebakan terpasang dan menarik kita jauh dari Tuhan. Parahnya, saat hilang kesabaran, kita akan dirundung stres, depresi, kehilangan kontrol diri, darah tinggi, dan lain sebagainya.

Benar, ketika kita mengalami suatu masalah, tentu kita ingin segera menyelesaikannya dengan cepat dan tuntas. Mungkin untuk masalah-masalah tertentu ada yang bisa dengan cepat terselesaikan. Namun, ada juga masalah yang membutuhkan waktu yang amat panjang untuk bisa menemukan jalan keluarnya dan itu pun di luar kendali kita. Namun, seperti yang tertulis dalam ayat rhema hari ini: “Adalah baik menanti dengan diam pertolongan Tuhan.” Ya, tanpa kita sadari, cara ampuh untuk bisa menerima stamina dalam menghadapi segala tantangan hidup sering kalinya adalah dengan menanti dalam diam. Saat dalam posisi diam, kita bisa terhindar dari berbagai godaan yang menjerat. Dengan diam, kita bisa fokus untuk mengambil waktu merenung sejenak dan mengintrospeksi diri untuk mencari tahu tentang titik permasalahannya.

Inilah yang menjadi renungan kita kali ini. Adalah baik menanti dengan diam pertolongan Tuhan atas masalah yang dihadapi. Sementara menanti pertolongan Tuhan, jangan panik. Tetaplah pegang janji Tuhan. Luangkan waktu lebih banyak bukan untuk terus berkeluh kesah dan menangis dalam doa-doa, tetapi untuk tetap diam menghampiri hadirat-Nya, memandang wajah-Nya, dan mendengarkan suara Tuhan. Percayalah, dengan iman yang teguh hanya kepada-Nya, maka pertolongan tidak akan terlalu lama untuk kita terima. Kita pun akan menyadari, justru dalam permasalahan-permasalahan itulah, Tuhan sedang melatih manusia roh kita dan kita akan menerima stamina yang tidak biasa, sehingga kita bisa terus menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

RENUNGAN

MENANTI DENGAN TENANG adalah cara yang efektif agar kita mengalami unusual stamina.

APLIKASI

  1. Bagaimana respons hati Anda selama ini dalam menghadapi segala proses dan tantangan?
  2. Apa yang Anda rasakan saat Anda menanti dengan tenang dalam menghadapi kehidupan?
  3. Komitmen apa yang akan Anda ambil untuk mengaplikasikan renungan hari ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, ajar kami untuk dapat duduk diam di kaki-Mu dan menanti-nantikan Engkau dalam segala permasalahan kami. Kami percaya, tak ada masalah yang lebih besar dari Engkau dan yang tak sanggup Engkau atasi. Biarlah melalui segala masalah kami, kami boleh menjadi semakin kuat dalam-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Daniel 3-4    1 Yohanes 5