Rabu, 16 Juni 2021

BERTUMBUH SECARA SEHAT DAN BERBUAH LEBAT

 

RHEMA HARI INI

Kolose 2:7Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

 

Bagi tumbuhan, akar memiliki banyak kegunaan. Selain untuk menyerap air dan zat hara, yang penting adalah untuk menunjang berdirinya tumbuhan. Akar yang tertancap ke dalam tanah berfungsi seperti pondasi bangunan. Akar membuat tumbuhan dapat berdiri kokoh di atas tanah. Oleh karena itu, tumbuhan dapat bertahan dari terjangan angin kencang dan hujan deras. Pohon tersebut tidak akan mudah tumbang atau rubuh oleh karena akarnya menjadi pengikat yang kuat ke tanah.

Sama halnya dengan tumbuhan yang membutuhkan akar yang kuat agar dapat bertumbuh dan berbuah. Pertumbuhan rohani kita menuju kedewasaan yang serupa Kristus pun juga memerlukan akar yang kuat. Akar rohani berfungsi sebagai fondasi hidup yang membuat kita kuat. Akar rohani juga berfungsi sebagai alat penghisap “nutrisi” dari Kristus ke dalam hidup kita. Jika kita tidak sungguh-sungguh berakar di dalam Kristus, begitu ada badai datang kita akan mudah tergoncang dan goyah, bahkan roboh. Karena tanpa akar yang kuat di dalam Tuhan, pertumbuhan kita akan stagnan, atau bahkan lama-lama akan mati.

Rhema firman Tuhan yang kita renungkan hari ini menegaskan supaya hidup kita berakar di dalam Kristus. Berakar berarti memiliki komitmen dan dedikasi yang kuat ke dalam, sebab jika tidak maka kita akan menjadi orang kristen yang dangkal, yang mudah goyah dan roboh ditiup oleh beragam permasalahan. Akar komitmen dan dedikasi yang kuat akan membuat kita bertumbuh secara pesat bahkan berbuah lebat. Untuk berakar dan bertumbuh, maka pasti kita akan bertumbuh secara rohani. Itu sebabnya untuk berakar dan bertumbuh, kita harus ada di dalam komunitas rohani. Konsisten membangun hubungan pribadi dengan Tuhan dan tekun merenungkan Firman Tuhan. Tuhan akan memberikan kita kekuatan dan kemampuan untuk melakukannya, sehingga kita menjadi pribadi yang berbuah lebat dan menjadi berkat dimanapun kami berada (Rdf)

 

RENUNGAN

AKAR komitmen dan dedikasi yang KUAT membuat kita TAK TERHENTIKAN, bahkan BERBUAH LEBAT.

 

APLIKASI

  1. Jika melihat kehidupan Anda selama ini, sudahkah hidup Anda berbuah lebat dan menjadi berkat bagi banyak orang?
  2. Menurut Anda, mengapa sebuah komitmen dan dedikasi dapat menjadi acuan kehidupan kita untuk berbuah lebat?
  3. Langkah-langkah apa yang akan Anda ambil agar pertumbuhan rohani Anda tidak stagnan dan berbuah lebat? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, sungguh kami bersyukur memiliki Engkau dalam hidup kami. Kami rindu agar hidup kami senantiasa dapat menjadi berkat dimanapun kami ditempatkan. Ajar kami untuk dapat memiliki akar komitmen dan dedikasi yang kuat, sehingga kerajaan-Mu semakin luas di muka bumi ini melalui hidup kami. Terimakasih Tuhan. Di Dalam Nama Tuhan Yesus, kami telah berdoa. Amin”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 43-45      Ibrani 5