Kamis, 10 Juni 2021

BERSAMA TUHAN LAKUKAN PERKARA YANG BESAR

 

RHEMA HARI INI

Filipi 4:13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Bagi Daud, menemukan talenta, bakat, dan keahlian yang ia miliki bukanlah hal yang mudah. Bagaimana tidak, ia memiliki latar belakang seorang anak yang ditolak dan tidak dianggap di dalam keluarganya. Fasilitas dan kesempatan untuk belajar pun tidak ia dapatkan. Secara manusia, Daud bisa saja mempertanyakan kepada Tuhan tentang keadaannya, bahkan berkecil hati, menjadi marah dan kecewa. Karena, di mata semua orang, masa depannya tampak begitu suram. Satu-satunya hal yang bisa ia lakukan saat itu adalah menjawab kepercayaan ayahnya atas 2-3 ekor kambing domba untuk ia gembalakan. Sungguh, bukan tanggung jawab yang membanggakan.

Namun, dalam semua situasi tersebut, ia tetap memilih untuk membangun hubungan yang sangat dekat dengan Tuhan sampai mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan. Tanpa disadari Daud, di sanalah ia menemukan talentanya menjadi seorang pemuji dan penyembah Tuhan. Bahkan, Daud juga mengatakan bahwa Tuhan sendiri yang melatih tangannya bertempur saat ia menyelamatkan domba-dombanya dari cakar singa dan beruang. Dari situlah keahlian Daud berperang mulai ditumbuhkan. Sungguh luar biasa!

Adakah di antara kita yang mengalami hal yang sama dengan Daud? Seolah-olah kita tidak memiliki kesempatan dan fasilitas yang lebih, sehingga membuat kita merasa tidak memiliki kemampuan apa-apa seperti orang lain. Namun kita dapat belajar dari Daud, bahwasanya talenta yang ia miliki bukan terbentuk karena ada begitu banyak dukungan dan fasilitas, tetapi karena perjumpaan pribadinya dengan Tuhan. Itulah yang menjadikan Daud kuat dan mampu melihat sebuah kesempatan untuk menemukan dan mengembangan kemampuannya. Tuhan pun menyertai Daud, sehingga ia menjadi orang yang berhasil dan hidupnya berbuah lebat. Tidak secara kebetulan jika saat ini, musim untuk berbuah lebat sudah datang. Alamilah kepenuhan Roh Kudus dan mulailah berkarya bersama-Nya. Maka, kita akan diberikan kekuatan untuk terus menemukan dan menumbuhkan segenap talenta yang sudah dipercayakan kepada kita dan nama Tuhan dipermuliakan dalam hidup kita. Haleluya!

 

RENUNGAN

Kepenuhan Roh Kudus membuat kita menjadi KUAT.

 

APLIKASI

  1. Apakah Anda pernah atau masih memiliki pemikiran bahwa Anda tidak memiliki kemampuan apa-apa? Mengapa demikian?
  2. Menurut Anda, apa yang akan terjadi dengan kemampuan Anda jika Roh Kudus memenuhi hidup Anda?
  3. Apakah komitmen Anda untuk mengalami kepenuhan Roh Kudus sampai Anda dimampukan untuk mengerjakan apa yang menjadi bagian Anda? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI

“Roh Kudus, terima kasih atas semua benih talenta dan kemampuan yang Engkau taruh dalam hidup kami. Kami tahu, tanpa campur tangan-Mu, kami tidak mampu untuk mengerjakannya. Karena itu kami rindu Engkau terus memenuhi hidup kami dan kami percaya kekuatan-Mu akan memampukan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 27-29  Titus 3