Senin, 28 Juni 2021

BERSAMA TUHAN LAKUKAN PERKARA YANG BESAR

 

RHEMA HARI INI

Yohanes 14:12 – Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;

Ketika Ferdinand de Lesseps mendengar bahwa teman semasa kecilnya, Mohamed Sa’id Pasha, dinobatkan menjadi wakil raja Mesir, ia langsung berangkat ke Kairo. Keduanya sangat gembira ketika berjumpa di Alexandria pada tanggal 13 November 1854. De Lesseps datang ke Mesir untuk mendiskusikan idenya tentang sebuah terusan yang menghubungkan Laut Tengah dengan Laut Merah, sebuah kanal dengan jalur terbuka yang lurus tanpa kunci sepanjang 193 kilometer. Tujuannya adalah mempersingkat jarak tempuh pelayaran kapal-kapal dari Eropa menuju ke Asia atau sebaliknya, tanpa perlu lagi mengelilingi pesisir barat Afrika. Ide ini sebetulnya sudah ada sejak abad ke-15, tetapi baru dapat terwujud setelah Ferdinand de Lesseps mendapat kepastian dukungan dari temannya, orang kuat di Mesir saat itu.

Pada akhirnya, setelah memakan waktu yang panjang, Terusan Suez pun resmi dibuka pada 17 November 1869. Tanpa dukungan dari sahabat de Lesseps, pembangunan ini hanya akan menjadi sebuah rencana saja. Namun saat mendapat dukungan dan sokongan dari orang yang tepat, ide tersebut dapat terealisasi. Hanya proyek kecil yang tidak membutuhkan sponsor untuk penyelenggaraannya; hanya event kecil yang tidak memerlukan bantuan orang lain. Untuk sekolah saja kita mendapatkan dukungan dari orangtua kita, belum lagi di saat kita memulai usaha, kita selalu memikirkan bagaimana bisa mendapatkan bantuan modal kerja.

Ya, memperjuangkan sesuatu dengan mendapat dukungan atau penyokong yang kuat, hasilnya pasti akan jauh lebih baik dibanding tanpa dukungan. Sungguh kita bersyukur, sebab kita memiliki Bapa yang sangat peduli akan keperluan dan kebutuhan kita. Mimpi besar kita, masa depan anak-anak kita, semua ada dalam perhatian-Nya. Kita hanya perlu datang dan minta pertolongan-Nya dalam setiap kebutuhan kita. Dengan pertolongan Roh Kudus usaha pekerjaan kita akan mendapat hasil yang luar biasa, sebab kita mendapat dukungan dari Allah yang Mahakuat, sehingga hidup kita bisa berbuah lebat bagi kerajaan-Nya dan memberkat banyak orang.

 

RENUNGAN

Untuk melakukan sesuatu yang BESAR, kita perlu penyokong yang KUAT.

 

APLIKASI

  1. Mengapa kita perlu penyokong yang kuat agar dapat melakukan sesuatu yang besar?
  2. Sudahkah hidup Anda memiliki penyokong yang kuat? Dampak apa yang Anda rasakan?
  3. Bagaimana cara Anda agar hidup Anda memiliki penyokong yang kuat, sehingga Anda dapat melakukan perkara besar dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih untuk kesetiaan-Mu dalam hidup kami. Kami perlu Engkau sebagai Penopang dan Penyokong hidup kami. Karena kami percaya, hanya dalam-Mu, kami dapat melakukan perkara-perkara yang besar dan ajaib. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yehezkiel 14-15   Yakobus 2