Minggu, 18 Juli 2021

BERSABAR DALAM MENANTIKAN TUHAN

RHEMA HARI INI

Yakobus 5:7 – Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi.

Di zaman sekarang ini, semua orang menyukai segala sesuatu yang serba instan.  Dalam hal makanan saja orang lebih memilih makanan cepat saji  dibanding harus repot-repot memasak.  Dalam hal bekerja, inginnya cepat dapat pekerjaan yang hebat, ingin cepat dapat gaji besar, ingin cepat naik jabatan, dan sebagainya.  Apa-apa maunya serba instan. Kalau bisa tidak perlu kerja keras, tidak perlu usaha mati-matian, tidak perlu merasakan beratnya suatu proses.  Sungguh, tak banyak menemukan orang-orang yang punya kesabaran untuk menunggu dan kesabaran untuk menjalani proses.

Sejatinya, kesabaran merupakan hal yang sangat vital dalam proses menantikan Tuhan. Punya kesabaran adalah sebuah ujian iman. Saat dihadapkan pada situasi atau keadaan yang sulit, adakah kita memiliki kesabaran untuk menantikan Tuhan?  Ataukah kita kehilangan kesabaran, lalu berpaling dari Tuhan untuk mencari sokongan dari orang lain? Seperti yang dialami oleh Abraham, saat ia sudah melakukan semua yang diperintahkan Tuhan, tetapi tetap belum mendapatkan anak perjanjian itu. Mengapa? Sebab Tuhan menunggu satu syarat lagi harus terpenuhi, yaitu: kesabaran.

Pada akhirnya karena kesabaran Abraham yang membuat ia terus beriman dan tidak menjadi kecewa, maka janji Tuhan tergenapi secara luar biasa dalam hidupnya, bahkan Abraham disebut Bapa Banyak Bangsa. Oleh karena itu, jika kita rindu mengalami janji-janji Tuhan dalam hidup kita, ambil komitmen untuk memiliki kesabaran dalam menantikan Tuhan: sabar dalam berdoa, sabar dalam pengharapan, sabar dalam bersaksi, sabar dalam melayani Tuhan, sabar dalam menjadi KKS, sabar dalam menaburkan benih keuangan kita, sabar dalam perjuangan iman, dan masih banyak lagi. Ambil langkah untuk mengundang Dia dan bangun hubungan yang intim dengan-Nya, sehingga kita bisa memperoleh stamina yang tidak biasa dan memiliki buah kesabaran dalam menantikan Tuhan. Maka kita akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya dan melihat tuaian terjadi atas setiap aspek hidup kita.

RENUNGAN

KESABARAN merupakan HAL YANG SANGAT VITAL dalam proses menantikan Tuhan.

APLIKASI

  1. Apa yang dapat membuat seseorang gagal dalam proses menantikan Tuhan?
  2. Menurut Anda, mengapa kesabaran merupakan hal yang vital dalam proses menantikan Tuhan?
  3. Komitmen apa yang akan Anda ambil agar dapat memperoleh buah Roh kesabaran tersebut? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih untuk janji-janji-Mu dalam hidup kami. Ya Roh Kudus, ajar kami untuk dapat memiliki kesabaran dalam proses menantikan Tuhan dalam hidup kami. Sehingga kami senantiasa mampu dalam melewati segala tantangan dan situasi dalam segala aspek di hidup kami, karena ada Tuhan bersama kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Hosea 1-4   Wahyu 1