Minggu, 13 Juni 2021

BERPIKIR DAN BERJALAN DALAM KEHENDAK ROH ALLAH

 

RHEMA HARI INI

Yohanes 17:21 – Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Salah satu contoh perubahan hidup yang paling mencolok setelah kepenuhan Roh Kudus dapat kita pelajari dari rasul Paulus. Dahulu ia bernama Saulus. Ia terlahir sebagai bangsa Yahudi dan tumbuh sebagai seorang ahli Taurat. Setelah berjumpa dengan Yesus, ia pun berkomitmen untuk mengabdikan seluruh hidupnya bagi Tuhan. Selama melayani Tuhan, rasul Paulus bukanlah orang yang mengedepankan pemikiran dan kehendak pribadinya, melainkan hidupnya sepenuhnya dalam kendali Roh kudus. Ia berkesimpulan bahwa apa yang dahulu merupakan keuntungan baginya, sekarang ia anggap rugi karena Kristus. Hal itu karena segala hal yang kita kehendaki jika bukan muncul dari Roh Kudus pada akhirnya akan sia-sia dan merugikan kita.

Ya, pikiran dan kehendak kita tanpa Roh Kudus sangatlah terbatas. Contoh sederhananya saat kita disakiti, sering kali kita merasa emosi dan ingin membalas kejahatan orang tersebut. Namun, kalau kita penuh dengan Roh Kudus, maka kehendak Roh Allahlah yang akan mendominasi pikiran dan langkah kita. Sehingga, sekalipun kita tidak mampu melepaskan pengampunan kepada orang tersebut, kita akan diberi kekuatan untuk mengampuninya. Karena di balik segala proses hidup yang kita alami, pasti Tuhan sudah menyediakan mujizat besar bagi kita. Bisa berupa terobosan dalam pekerjaan, keluarga, atau kesehatan melalui apa pun yang kita alami dan siapa pun yang kita hadapi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menerima kepenuhan Roh Kudus atas hidup kita, sehingga saat manusia lahiriah kita terbatas, kita dapat ditolong untuk melakukan kehendak Allah. Tetap mengasihi, sekalipun dikecewakan. Tetap melayani, sekalipun dalam kondisi berkekurangan. Termasuk tetap melangkah selamatkan jiwa-jiwa, sekalipun belum ada keberanian. Hidup kita tidak lagi berjalan atas kehendak dan pikiran kita sendiri, tetapi didominasi oleh pikiran dan kehendak Roh Kudus. Maka, hidup kita akan berbuah lebat dan nama Tuhan akan semakin dipermuliakan di muka bumi ini. Kita akan melihat bagaimana kemuliaan Tuhan akan dinyatakan atas hidup kita, keluarga kita, dan segala aspek kehidupan kita.

 

RENUNGAN

Saat kita KEPENUHAN Roh Kudus, maka hidup kita akan DIDOMINASI oleh pikiran dan kehendak Roh Allah sendiri.

 

APLIKASI

  1. Seberapa pentingkah hidup yang didominasi oleh pikiran dan kehendak Tuhan bagi Anda? Mengapa demikian?
  2. Menurut Anda, mengapa kepenuhan Roh Kudus dapat membuat hidup kita didominasi oleh Roh Kudus?
  3. Komitmen apa yang akan Anda ambil agar pikiran dan kehendak Roh Kudus mendominasi hidup Anda? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI

“Allah Roh Kudus, urapi kami sehingga hidup kami penuh dengan hadirat-Mu. Lemahkan segala sisa-sisa sifat daging kami, sehingga kami dapat melangkah menggenapi setiap kehendak-Mu agar terjadi atas hidup kami. Sehingga Kerajaan-Mu semakin diperluas di muka bumi ini. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 34-36      Ibrani 2