Senin, 7 Juni 2021

BERBUAH LEBAT SESUAI DENGAN KAPASITAS KITA

 

 RHEMA HARI INI

Kejadian 1:28Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

 

David Franklin Hanson Jr. adalah seorang ahli robot sekaligus pengusaha asal Amerika Serikat. Di tahun 2017 silam, Hanson mengenalkan Sophia, sebuah robot manusia yaitu humanoid pada saat rapat PBB. Sophia memiliki penampilan serupa dengan manusia, termasuk gerak-geriknya yang begitu mirip dengan manusia, bahkan ia pun dibekali dengan kecerdasan buatan yang memampukannya berinteraksi serupa dengan manusia pada umumnya.

Di era modern ini, kehadiran robot sudah menjadi semakin familier di kalangan manusia. Dari robot yang bisa menyapu dan mengepel sendiri, bahkan sampai robot berbentuk manusia pun sudah ada. Setiap jenis robot yang akan diciptakan pasti telah diatur untuk memiliki maksud tertentu. Saat penciptanya merancang, tentu saja sudah memperlengkapi robot buatannya dengan sistem ataupun program-program yang akan memampukan si robot untuk bekerja sesuai dengan tujuannya. Sekalipun alasan dasar robot diciptakan adalah sama-sama untuk mempermudah pekerjaan manusia, akan tetapi satu robot dengan yang lainnya bisa memiliki program dan tentunya juga penampakan yang berbeda-beda.

Saat manusia menciptakan robot, yang hanya sebuah mesin, dengan sudah dibekali kapasitas untuk menjalankan misinya, terlebih lagi dengan Tuhan saat menciptakan manusia. Kita, manusia, diciptakan Tuhan dengan tujuan yang sangat mulia, yaitu untuk berbuah lebat bagi Kerajaan-Nya. Maka dari itu, kita pun juga pasti sudah dibekali-Nya dengan kapasitas untuk melaksanakan amanat-Nya di muka bumi. Sehingga apabila selama ini kita sering kali berkecil hati atau bahkan memandang rendah diri kita sendiri, maka inilah saatnya untuk kita mengubah cara pandang kita. Sadarilah bahwa karena Allah Bapa kita menciptakan setiap dari kita ini istimewa, serupa dan segambar dengan Dia, maka kapasitas yang ada dalam diri kita pun juga pasti sangat luar biasa. Sehingga setiap dari kita pasti dapat berbuah lebat seturut rancangan-Nya.

RENUNGAN

Kita diciptakan dengan KAPASITAS untuk BERBUAH LEBAT.

 

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda memiliki cara pandang yang benar bahwa setiap kita ini memiliki kapasitas untuk berbuah lebat? Apakah cara pandang yang benar itu?
  2. Menurut Anda, apakah yang sekiranya menjadi penghalang bagi Anda untuk berbuah lebat?
  3. Apakah yang sekiranya dapat Anda lakukan untuk berbuah lebat? Renungkanlah!

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, terima kasih untuk firman-Mu yang telah menguatkan kami. Kami kini yakin dan percaya bahwa Engkau sudah membekali kami dengan kapasitas untuk berbuah lebat sehingga setiap kami pasti bisa untuk berbuah lebat bersama-Mu. Dan biarlah nama-Mu yang dimuliakan melalui buah-buah kehidupan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 20-21       2 Timotius 4