Kamis, 17 Juni 2021

KUNCI UNTUK TERUS BERTUNAS DAN BERBUAH

 

RHEMA HARI INI

Mazmur 92:13-15Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita. Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar,

 

Setelah lima tahun menjabat sebagai manajer penjualan, Bob seringkali membanggakan dirinya yang telah berhasil mencapai target per kuartal yang telah ditetapkan perusahaannya. Ia mendapatkan reputasi yang luar biasa di antara rekan-rekan dan pesaing-pesaingnya. Namun, secara tiba-tiba perusahaannya menugaskannya ke negara bagian lain. Situasi ini membuat Bob heran, apakah ia didemosi oleh perusahaannya. Hal pertama yang timbul dalam hati Bob adalah ia ingin mengajukan pengunduran diri, tetapi ia tidak yakin apakah itu keputusan yang tepat. Ya, Bob adalah pribadi yang menghargai kerja keras, sehingga ia menyingsingkan lengan bajunya dan memutuskan untuk tetap bekerja.

Selama beberapa bulan berikutnya, Bob berjuang keras sedemikian rupa untuk mempertahankan reputasinya. Hingga di akhir kuartal ketiga, penjualannya telah melampaui wilayah-wilayah yang dulu ia kelola. Bob berhasil mengubah suatu masalah menjadi kemenangan. Melihat kesetiaan dan kegigihan Bob, perusahaan pun memberi imbalan kepada Bob dengan mengangkatnya menjadi wakil presiden regional atas negara-negara bagian itu, suatu posisi yang mustahil untuk diraihnya dengan hanya tinggal di satu negara bagian.

Keputusan Bob untuk tetap bertahan di perusahaannya sekalipun keadaan seolah tidak mengenakkan, membuahkan kesuksesan dan keberhasilan yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya. Hal ini pun juga berlaku kepada kita sebagai anak Tuhan, yang mana kita harus tertanam, bertunas dan bertumbuh dalam rumah Tuhan. Terkadang kita akan dihadapkan pada situasi yang berbanding terbalik dengan ekspektasi kita, yang seringkali membuat kita ingin berhenti atau berpindah tempat. Namun, ibarat tanaman yang jika terus berpindah tempat tidak akan ada pertumbuhan, begitu pula dengan kehidupan kita harus ditanam dan tertanam di rumah Tuhan secara konsisten. Saat itulah hidup kita akan mengalami pertumbuhan dan berbuah lebat bagi kerajaan Allah.

 

RENUNGAN

Orang yang MAU DITANAM dan TERTANAM di rumah Tuhan, akan BERTUNAS dan TERUS BERBUAH sampai masa tuanya.

 

APLIKASI

  1. Seberapa penting memiliki kehidupan yang bertunas dan terus berbuah sampai masa tua? Mengapa demikian?
  2. Menurut Anda, mengapa kita harus tertanam dalam rumah Tuhan agar bertunas dan berbuah?
  3. Komitmen apa yang akan Anda ambil agar hidup Anda bertunas dan terus berbuah sampai masa tua? Tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih untuk firman-Mu pada renungan hari ini. Kami rindu agar hidup kami dapat terus berbuah lebat sampai masa tua kami. Ajar kami agar dapat tertanam dalam rumah Tuhan secara konsisten. Sehingga hidup kami berjalan sesuai rencana Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 40-42      Ibrani 4