Minggu, 11 Juli 2021

BERSAMA TUHAN, TIDAK ADA YANG MUSTAHIL

RHEMA HARI INI

Markus 9:23b – “Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!”

“Jika bukan karena iman, saya tidak mungkin dapat menjadi seorang Gembala Sidang seperti sekarang ini.” Inilah sedikit kutipan yang cukup sering disampaikan oleh Pastor Obaja. Sebagaimana kita semua tahu, beliau pernah merasa rendah diri pada masa mudanya. Jangankan berbicara di depan umum, saat ada tamu yang berkunjung ke rumah, beliau langsung masuk ke kamar untuk bersembunyi. Namun, pada akhirnya kita semua dapat menyaksikan bagaimana sekarang beliau berani berbicara di depan ribuan orang dan menyampaikan kebenaran firman Tuhan kepada mereka. Bahkan beliau dipercaya Tuhan untuk menggembalakan puluhan ribu jemaat. Ini adalah bukti kekuatan iman seseorang, yaitu saat kita berani melangkah dan menyerahkan segala kehendak kita kepada Tuhan,  maka Tuhan akan membuat kita mampu melewati segala kemustahilan.

Jika kita mau belajar kisah-kisah dalam Alkitab, kita akan menemukan ada begitu banyak kisah tentang iman yang sangat luar biasa. Beberapa di antaranya adalah kisah Daniel yang mengatupkan mulut singa. Kemudian kisah Abraham dan Sara yang tidak bisa mempunyai anak sekalipun mereka sudah sangat lanjut usia. Kisah Sadrakh, Mesakh, Abednego, yang melalui perapian yang menyala-nyala dan tidak dihanguskan. Dengan iman, Musa bisa membawa bangsa Israel keluar dari perbudakan Mesir. Dengan iman, Yosua mengambil alih Tanah Perjanjian. Dengan iman, rasul-rasul memberitakan Injil di Yerusalam, Yudea, Samaria, sampai ujung Bumi.

Keberhasilan semua tokoh-tokoh alkitab dalam melewati segala proses dan tantangan adalah karena iman yang mereka miliki. Tanpa iman, mereka tidak akan dapat melihat Tuhan mengerjakan perkara-perkara yang mustahil. Oleh karena itu, jika kita rindu dapat melakukan segala perkara yang mustahil, maka bangunlah iman yang kuat. Konsisten dalam mendengarkan dan merenungkan firman Tuhan, karena dari situlah iman kita akan timbul. Tidak secara kebetulan pula jika rhema tahun ini adalah Tahun Roh Kudus, sehingga kita pun diberi Penolong dan Penopang. Roh Kudus sendirilah yang akan membangun kita makin lama makin kuat, sehingga kita bisa lebih kuat dari sebelumnya dalam menjalani hidup.

 RENUNGAN

Bangunlah IMAN yang KUAT, maka TIDAK ADA yang MUSTAHIL bagi kita.

APLIKASI

  1. Menurut Anda, mengapa kita perlu membangun iman yang kuat untuk dapat melakukan hal-hal yang mustahil?
  2. Bagi Anda, seberapa perlunya kita membangun iman? Dampak apa yang Anda rasakan saat Anda memiliki iman yang kuat?
  3. Komitmen apa yang akan Anda ambil untuk dapat memiliki iman yang kuat? Tuliskanlah.

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa di Sorga, kami yakin bersama-Mu kami dapat melakukan segala perkara. Kami sungguh bersyukur untuk Roh Kudus-Mu yang menjadi kekuatan dan penolong kami, sehingga iman kami semakin dikuatkan dari hari ke hari. Dan kami pun boleh mengalami kemuliaan Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yehezkiel 45-46   1 Yohanes 2