Kamis, 1 Juli2021

RAHASIA HIDUP YANG BERBUAH LEBAT

RHEMA HARI INI

2 Tawarikh 16:9a – Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia.

Rika mempunyai seorang paman yang sangat mengasihi dan dikasihinya. Ada suatu kerinduan di hati Rika bahwa pamannya yang bukan orang percaya bisa mengenal Tuhan Yesus. Menjelang hari ulang tahunnya, Rika mengajukan satu permintaan kepada pamannya, yaitu menemaninya pergi ke gereja sekali itu saja. Sang paman yang begitu menyayangi Rika pun mengiyakan permintaannya. Seminggu penuh, Rika berdoa puasa untuk pamannya. Saat hari Minggu tiba dan mereka berdua telah duduk di gereja, Rika agak kecewa karena pendeta pada hari itu sudah tua sekali dan khotbahnya membuat Rika sangat mengantuk.

Selama perjalanan pulang, sang paman hanya berdiam diri. Dalam hati, Rika sempat protes, mengapa Tuhan tidak memberikan pendeta yang menyala-nyala dan mengesankan khotbahnya. Meski demikian, Rika tetap berserah dan terus berdoa untuk pamannya. Belum sampai hari Minggu berikutnya, sang paman meminta ikut lagi ke gereja. Rika merasa heran, kaget, sekaligus sukacita karenanya. Beberapa bulan kemudian, sang paman memberi diri untuk dibaptis. Setelah itu, sang paman bercerita bahwa ketika pertama kali datang ke gereja, ia memperhatikan betapa lanjut usianya sang pendeta, seperti sudah mau meninggal  saja. Ia lantas merenung, ke manakah ia nanti kalau suatu saat meninggal dunia. Rika akhirnya mengerti, mengapa Tuhan memberi pendeta yang sangat tua untuk berkotbah pada hari itu.

Banyak hal di dunia ini yang terjadi di luar perkiraan dan prediksi kita. Meskipun kita merasa yakin, bahwa diri kita sudah benar berdasarkan analisa, pertimbangan, kemampuan, dan pengetahuan kita, tetapi selalu ada hal yang di luar kendali kita. Tidak heran jika kita hanya mengandalkan kekuatan dari dunia ini, kita akan sering merasa kecewa bahkan menemui kegagalan. Bukan modal, bukan koneksi, bukan IQ, dan bukan gelar yang akan menentukan apakah hidup kita akan menghasilkan buah, tetapi sikap hati yang sungguh-sungguh mengandalkan Tuhan, yang dicari dan dilimpahi Tuhan dengan kekuatan serta kemampuan untuk hidup yang berbuah lebat. (PF) 

RENUNGAN

Rahasia HIDUP YANG BERBUAH bukanlah dari luar diri kita, tetapi dari SIKAP HATI yang sungguh-sungguh MENGANDALKAN TUHAN.

APLIKASI

  1. Adakah hal-hal dari dunia yang selama ini Anda andalkan?
  2. Jika Anda merenungkannya, apakah hal-hal tersebut menghasilkan buah yang lebat bagi Tuhan?
  3. Apa perbedaan buah yang Anda temukan ketika hati Anda sungguh-sungguh mengandalkan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, ampuni kami jika selama ini kami mengandalkan hal-hal di luar Engkau. Kini kami menyadari bahwa selain Engkau, tidak ada jaminan pasti yang bisa kami andalkan. Hanya Engkaulah Allah kami yang hidup dan besar kasih setia-Mu. Kepada-Mulah kami percaya dan berharap sepenuhnya. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yehezkiel 20-21    Yakobus 5