Sabtu, 19 Juni 2021

TINGGAL DEKAT DAN MENETAP DALAM TUHAN

 

RHEMA HARI INI

Yohanes 15:5Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

 

Di jaman teknologi seperti sekarang ini, ketersediaan sinyal dan tenaga listrik 24 jam non stop menjadi suatu hal yang penting. Terlebih di situasi pandemi saat ini, hampir semua kegiatan dilakukan secara online, baik sekolah maupun pekerjaan. Oleh sebab itu, banyak orang tua maupun beberapa karyawan yang rela mengeluarkan dana ekstra untuk memaksimalkan kegiatan mereka untuk membeli pulsa, membayar listrik, dan masih banyak lagi. Ada pula beberapa perusahaan yang juga rela mengeluarkan dana lebih untuk memastikan kinerja perusahaan tersebut berjalan dengan optimal. Sebab di jaman seperti sekarang ini, tanpa sinyal dan tenaga listrik, banyak orang akan menjadi tidak produktif.

Ilustrasi diatas memberi gambaran kepada kita bahwasanya kita harus terus berada dalam jangkauan sumber utama kita apabila kita ingin memiliki kehidupan yang produktif dan menghasilkan. Kita pun dapat belajar pada kehidupan manusia di jaman dahulu kala, saat manusia masih sering berpindah-pindah tempat (nomaden). Karena mereka tidak pernah tinggal menetap pada satu sumber, dan terus berpindah, maka sangatlah sedikit kemajuan yang dihasilkan. Baru setelah mengenal budaya hidup yang menetap, terjadilah lompatan kemajuan yang jauh lebih maju dari sebelumnya.

Hal yang sama juga berlaku dengan kehidupan rohani kita, terlebih jika kita memiliki kerinduan agar hidup kita berbuah lebat. Kuncinya terdapat dalam ayat rhema hari ini, yaitu agar kita selalu tinggal di dalam Tuhan. Maka dari itu, ambil komitmen untuk selalu tinggal menetap di dalam Tuhan. Jangan menjadi orang percaya yang hanya datang dan pergi saja. Pada hari Minggu kita datang pada Tuhan, selain itu kita pergi meninggalkan Tuhan. Saat dalam pergumulan kita datang kepada Tuhan, saat sudah mendapat pertolongan kita menjauh lagi dari Tuhan. Kalau kita terus-menerus melakukan seperti ini, maka kita tidak akan berakar kuat dan tidak bisa berbuah banyak. Jika koneksi listrik dan internet 24/7 saja dapat membuat kita lebih produktif, terlebih lagi koneksi 24/7 non stop dengan Tuhan, maka hidup kita pasti akan berbuah lebat!

 

RENUNGAN

Kunci untuk bisa BERAKAR KUAT dalam Tuhan dan BERBUAH BANYAK adalah TINGGAL MENETAP dalam Tuhan.

 

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda tinggal menetap dalam Tuhan? Jika sudah atau belum, mengapa demikian?
  2. Menurut Anda, mengapa dengan tinggal menetap dalam Tuhan dapat membuat kita berakar kuat dan berbuah banyak?
  3. Langkah apa yang akan ambil agar dapat senantiasa tinggal menetap dalam Tuhan? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI

“Ya Bapa, terima kasih untuk renungan hari ini. Ajar kami agar senantiasa dapat tinggal menetap di dalam-Mu dan konsisten menjadi pelaku firman-Mu. Sehingga, hidup kami dapat berakar kuat dan berbuah lebat untuk memperluas kerajaan-Mu di muka bumi ini. Di dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

 

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 50      Ibrani 8